kupas lengkap tentang basis data dan sistem informasi : dari pengertian, manfaat, hingga cara membuatnya!

10.38 0 Comments

kenapa sih, basis data dan sistem informasi harus digabung menjadi 1 artikel? Kenapa tidak dipisah saja jadi 2 artikel? sebenarnya basis data dan sistem informasi itu saling terkait jadi memang pas kok kalo disatukan. Yuk, langsung saja kita bahas!

Apa itu basis data dan sistem informasi?

sebelum berbicara tentang basis data dan sistem informasi kita akan membahas dulu tentang apa itu data, informasi, pengetahuan dan apa hubungannya? Mari kita bahas satu-satu.

Data merupakan sebuah fakta sesuatu yang sudah dicatat (recorded). Jadi semua fakta bisa menjadi data jika kita mencatatnya (baik tertulis, rekam atau bentuk pengabadian lainnya).

Informasi adalah hasil pengolahan data yang bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi penerimanya dalam pengambilan keputusan

Pengetahuan terdiri dari informasi yang sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman, pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah tertentu.

Lalu bagaimana dengan basis data dan sistem informasi?

Basis data merupakan suatu kumpulan data yang dapat berupa berbagai macam file yang tersimpan di dalam storage khusus yang digunakan untuk kepentingan suatu organisasi dan dapat diakses ataupun digunakan oleh siapapun yang berhak dan juga membutuhkannya.

Sedangkan sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

Dan berhubung sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi maka sudah pasti sistem informasi memerlukan basis data sebagai pusat penyedia data.

Penting tidak sih basis data dan sistem informasi?

Tentu saja penting, terutama bagi para perusahaan Sistem Informasi merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan. misalnya peranan sistem informasi bagi pemimpin adalah untuk mengambil keputusan, bila keputusan yang di ambil pemimpin atau manajer salah, maka hal itu akan menyangkut masa depan perusahaan sendiri. Selain itu sistem informasi juga dapat menyediakan seluruh informasi untuk mendukung perusahaan yang dapat membuat pekerjaan lebih baik dari segi waktu, kemudahan dan keefektifan.

Karena sistem informasi merupakan bagian yang tidak boleh diabaikan maka otomatis basis data juga sangat penting karna tanpa basis data sistem informasi tidak dapat membuat informasi dikarenakan tidak adanya data yang cukup

Bagaimana cara membuatnya?

Jika ada niat tidak sulit untuk membuatnya karena sudah banyak tutorial-tutorial di internet yang mengajarkan cara membuatnya

Untuk databasenya dibuat menggunakan DBMS (Database Management Sistems). DBMS ini merupakan sebutan bagi software-software yang digunakan user untuk membuat, memanipulasi, mengontrol dan mengakses basis data yang mereka miliki secara cepat dan efisien.

Ada begitu banyak DBMS yang populer digunakan di dunia saat ini mulai dari yang opensource, gratis, sampai yang license berbayar. Beberapa diantara DBMS yang terkenal antara lain.
·       Microsoft SQL Server
·       Oracle
·       Teradata
·       MySQL
·       PostgreSQL

Sedangkan untuk sistem informasinya bebas mau dibuat menggunakan bahasa apa saja dan berbasis apa saja asalkan bisa digunakan oleh seluruh usernya. Contoh aplikasi sistem informasi adalah sistem informasi manajemen kepegawaian atau biasa disingkat dengan nama SIMPEG.

Arti dari sistem informasi manajemen kepegawaian adalah Sistem Informasi yang menangani pengelolaan data kepegawaian seperti pendataan pegawai, proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan. Dari aplikasi simpeg ini kita akan banyak mendapat manfaat seperti pencarian data pegawai dengan mudah dan cepat, untuk membuat laporan sangat mudah dibandingkan dengan secara manual, memudahkan pekerjaan yang berhubungan dengan kepegawaian, dapat melihat informasi pegawai secara cepat dan akurat, dapat denga cepat merencenakan kebutuhan pegawai dan masih banyak yang lain.




daftar referensi

Fathansyah. 2004. Sistem Basis Data. Bandung : Informatika Bandung

Al-Bahra bin Ladjamuddin B. 2004. Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta




mhaniff

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Google

0 komentar: